A. Diskripsi Tes yang Dievaluasi
1.
Jenis
Tes
Pada bagian ini, penulis akan mengelompokan tes
yang dievaluasi yaitu tes bahasa Arab/Asing untuk kelas V/B di Madrasah Ibtidaiyah
Al-Ma'arif Singosari Malang tahun pelajaran 2010-2011 ke dalam beberapa jenis
tes berdasarkan kriteria yang berbeda.
Berdasarkan kriteria tujuan
penyelenggaraan, tes ini termasuk tes hasil belajar, yang dimaksudkan untuk memperoleh informasi
tentang tingkat kemampuan berbahasa Arab siswa yang telah dikembangkan melalui
pengajaran bahasa Arab, tes ini memiliki kaitan yang erat dengan materi yang
telah diajarkan. Kaitan ini terutama dalam hal isi tes, yang harus secara jelas
dan nyata telah diajarkan.
Berdasarkan kriteria tahapan atau waktu
penyelenggaraannya, tes ini termasuk tes sumatif, yaitu tes yang
diselenggarakan pada akhir program pengajaran. Tujuan tes sumatif ini adalah
untuk mengetahui hasil pengajaran secara keseluruhan, khususnya dalam hal
peningkatan kemampuan berbahasa Arab siswa, sebagai bukti nyata dari pencapaian
tujuan pengajarannya, dan bahan cakupan tes sumatif meliputi seluruh bahan yang
telah diajarkan.
Berdasarkan kriteria jumlah peserta, tes ini
termasuk tes kelompok, yaitu tes yang diselanggarakan untuk sekelompok peserta
tes sekaligus, hal ini didasarkan atas dasar kepraktisan.
Berdasarkan kriteria cara mengerjakannya, tes
ini termasuk tes tertulis yaitu tes yang diselenggarakan secara tertulis baik
soal maupun jawabannya.
Berdasarkan bentuk jawaban, tes ini termasuk
tes pilihan ganda yaitu para siswa tidak menuliskan jawaban dalam bentuk esai,
paragraf atau kalimat, melainkan jawaban dinyatakan dengan memilih salah satu
alternatif jawaban yang telah disediakan (A–B-C-D-E). jumlah soal pilihan ganda
sebanyak 30 butir soal. Dan tes melengkapi yaitu kumpulan kalimat yang belum
selesai untuk dilengkapi. Jumlah soal melengkapi adalah 10 butir soal Dan
termasuk tes esai yaitu tes yang mewajibkan pesertanya untuk memberikan jawaban
dalam bentuk esai sehingga isi, susunan dan panjang jawaban peserta tidak dapat
ditentukan, jumlah soal tes esai yang disediakan pada tes ini 5 butir soal.
Dalam hal ini penulis hanya menganalisa butir soal tes pilihan ganda mulai dari
nomor 11 sampai dengan nomor 20, sedang untuk nomor 1 sampai 10 dan 21 sampai
30 dianalisa oleh kelompok yang lain.
Berdasarkan kriteria cara penilaian, tes ini
termasuk tes obyektif dan tes subyektif. Tes obyektif yaitu mengacu pada
penilaian yang dapat dilakukan secara ajeg, dengan hasil yang sama, meskipun
penilaian ini dilakukan berualang-ulang atau dilakukan penilai yang berbeda.
Sedangkan tes subyektif karena jawaban berupa ungkapan dalam bentuk kalimat
atau pragraf, maka penilaiannya akan dipengaruhi oleh kesan dan pendapat
pribadi penilai atau pengoreksi.
2.
Tingkat
Pendidikan
Tes mata pelajaran bahasa Arab/Asing ini
diselenggarakan pada tingkat Madrasah Ibtidaiyah. Madrasah Ibtidaiyah adalah
suatu pendidikan sekolah tingkat pemula,
Madrasah Ibtidaiyah ini di bawah naungan Departemen Agama Republik Indonesia.
3.
Peserta
Tes
Peserta tes mata pelajaran bahasa Arab/Asing
yang penulis evaluasi adalah para siswa Madrasah Ibtidaiyah Al-Ma'arif
Singosari Malang kelas V/B sebanyak 30 siswa, terdiri dari 13 Putra dan 17
Putri.
4.
Pemberian
Skor
Berikut ini, penulis sajikan skor
yang diperoleh para siswa Madrasah Ibtidaiyah Al-Ma'arif Singosari Malang kelas
V/B mata pelajaran bahasa Arab/Asing pada Semester genap tahun pelajaran 2010-2011,
yaitu skor soal obyektif yang bentuknya pilihan ganda mulai dari nomor 11
sampai dengan 20.
Tabel 1
Daftar Jumlah Skor
Butir
Soal Pilihan Ganda 11-20
no
|
Nama
|
Jmlah skor objektif
|
Jumlah total
|
1
|
Ahmad fadilah
|
1
|
1
|
2
|
Ahmad rofiur ruttab A
|
2
|
2
|
3
|
Ibrahim al maziny
|
1
|
1
|
4
|
m. hasim asyari
|
4
|
4
|
5
|
M. muzekki f
|
1
|
1
|
6
|
M. Noval Azmy
|
5
|
5
|
7
|
M. Ulil Abror
|
4
|
4
|
8
|
Moh. Aufa Nabila
Rifki
|
5
|
5
|
9
|
Moh. Reza kafabihi
|
7
|
7
|
10
|
Muchammad
Misbachuddin yafik
|
6
|
6
|
11
|
Muhammad Alif Rizki
|
7
|
7
|
12
|
Muhammad Syair
|
0
|
0
|
13
|
Naufal Nawa Syarif
|
6
|
6
|
14
|
Chikmatul aliyyah
|
8
|
8
|
15
|
Dinil Khusna Ismia
|
6
|
6
|
16
|
Fitria Afdianti
Astuti
|
8
|
8
|
17
|
Indina Zulfa Lailia
|
5
|
5
|
18
|
Intan Dwi Karunia
|
5
|
5
|
19
|
Izzah Khurota Aini
|
3
|
3
|
20
|
Kholidatul Karimah
|
8
|
8
|
21
|
Lailatul Rahmah
Istighfarin
|
5
|
5
|
22
|
Masrofulia Isma
Novariana
|
6
|
6
|
23
|
Nadhiroh Hafiyyanah
Sataruno
|
6
|
6
|
24
|
Okti Sekar Mulya
Setio Rini
|
5
|
5
|
25
|
Rizqi Kamilah
|
6
|
6
|
26
|
Salma Masdarina
|
5
|
5
|
27
|
Siti Khofifatul
Masfufa
|
4
|
4
|
28
|
Siti Rohmah
|
3
|
3
|
29
|
Siti Tsurayyah Adiba
Alkarimah
|
5
|
5
|
30
|
Embun Wening
|
4
|
4
|
B. Kualitas Tes
Berikut
ini, penulis akan mendiskripsikan hasil evaluasi dari tes bahasa Arab/Asing
pada Ujian Akhir Semester genap MI. Al-Ma'arif Singosari Malang tahun pelajaran
2010-2011, yang meliputi analisis butir soal yang terdiri dari tingkat
kesulitan dan daya pembeda
1.
Analisis
Butir Soal
1.1.
Tingkat
kesulitan
Untuk menganalisis tingkat kesulitan
butir-butir soal tes obyektif, rumus yang
penulis gunakan adalah sebagai berikut :[1]
Jumlah jawaban benar
IF = --------------------
Jumlah subyek (siswa)
|
Adapun langkah-langkah yang penulis tempuh
untuk menganalisis tingkat kesulitan butir-butir soal tes obyektif adalah
sebagai berikut :
-
mengidentifikasi jawaban setiap siswa terhadap perbutir
soal sebagaimana dapat dilihat pada tabel 2.
-
Menganalisis jumlah jawaban benar perbutir soal kemudian
dibagi jumlah keseluruhan siswa.
-
Tingkat kesulitan suatu butir soal dinyatakan dengan sebuah
indeks yang berkisar antara 0,0 sampai dengan 1,0. suatu butir soal dinyatakan
layak jika indeks tingkat kesulitannya berkisar antara 0,15 smapai dengan 0,85[2].
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel-tabel
berikut:
Tabel 2
Daftar Jawaban Siswa Terhadap Butir Soal Obyektif
No sbk
|
Nomor butir soal objektif
|
Jumlah skor
|
|||||||||
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
||
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
2
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
2
|
3
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
4
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
4
|
5
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
6
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
5
|
7
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
4
|
8
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
5
|
9
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
7
|
10
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
6
|
11
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
7
|
12
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
13
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
6
|
14
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
8
|
15
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
6
|
16
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
8
|
17
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
5
|
18
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
5
|
19
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
3
|
20
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
8
|
21
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
5
|
22
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
6
|
23
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
6
|
24
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
5
|
25
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
6
|
26
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
5
|
27
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
4
|
28
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
3
|
29
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
5
|
30
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
4
|
Jumlah jawaban
|
22
|
10
|
15
|
18
|
12
|
22
|
15
|
14
|
6
|
5
|
141
|
Tabel 3
Perhitungan
Indeks Tingkat Kesulitan (IF)
Butir-butir
soal Obyektif
No
|
Jawaban benar
|
Jumlah objek
|
IF
|
keterangan
|
11
|
22
|
30
|
0.73
|
Sangat mudah
|
12
|
10
|
30
|
0.33
|
Mudah
|
13
|
15
|
30
|
0.5
|
Baik
|
14
|
18
|
30
|
0.6
|
Baik
|
15
|
12
|
30
|
0.4
|
Baik
|
16
|
22
|
30
|
0.73
|
Sangat mudah
|
17
|
15
|
30
|
0.5
|
Baik
|
18
|
14
|
30
|
0.46
|
Mudah
|
19
|
6
|
30
|
0.2
|
Baik
|
20
|
5
|
30
|
0.16
|
Mudah
|
Berdasarkan analisis ini, dapat disimpulkan
bahwa tingkat kesulitan butir- butir
soal tes obyektif sebagai berikut:
-
Butir soal nomor 11, 12, 16, 18, dan 20 sangat mudah sehingga tidak
memenuhi syarat kriteria butir soal yang baik.
-
Butir soal nomor 13, 14, 15, 17, dan 19 memenuhi
persyaratan sehingga tidak perlu direvisi.
1.2.
Daya
Pembeda
Langkah-langkah yang penulis lakukan untuk
mengetahui daya pembeda tiap butir soal adalah sebagai berikut :
-
mengurutkan skor pada lembaran dari
skor yang tertinggi berturut-turut sampai skor yang terendah.
-
Mengambil sebanyak 27 persen dari
jumlah siswa dari skor yang tertinggi, dan 27 persen dari skor yang terendah,
jumlah siswa peserta tes seluruhnya 30 orang dan 27 persennya 8 orang siswa.
-
Menganalisis jawaban benar perbutir
soal kelompok tinggi dan kelompok rendah.
-
Menggunakan klasifikasi tingkat
diskriminasi dan rentangan indeknya sebagai berikut :[3]
0,50 atau lebih : baik
antara 0,20 s/d
0,50 : sedang
di bawah 0, 20 : kurang
0,00 : tidak ada
diskriminasi
- (negatif) : negatif
Untuk jenis
soal obyektif (pilihan ganda) rumus yang digunakan penulis untuk mengetahui
daya pembeda perbutir soal adalah [4]:
FH - FL
ID = -------
n
|
Keterangan :
ID :
Indeks daya pembeda yang dicari
FH :
Jumlah jawaban betul kelompok tinggi
FL : Jumlah
jawaban betul kelompok rendah
n :
Jumlah subyek/siswa kelompok tinggi atau rendah
Berdasarkan langkah-langkah dan rumus di atas, maka penulis
menemukan daya pembeda soal obyektif sebagai berikut :
Tabel 4
Analisis
Butir Soal Kelompok Tinggi dan Kelompok Rendah untuk persiapan perhitungan
indek daya pembeda
Tes
Obyektif
Kelompok
Tinggi
No.
Sbk.
|
N o m
o r B u t i r S o
a l
O b y e k t i f
|
Jml. |
||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|||
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
8
|
|
2
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
8
|
|
3
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
8
|
|
4
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
7
|
|
5
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
7
|
|
6
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
6
|
|
7
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
6
|
|
8
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
6
|
|
Jml
|
8
|
3
|
8
|
6
|
7
|
8
|
7
|
5
|
2
|
1
|
56
|
|
Kelompok
Rendah
No.
Sbk.
|
N o m
o r B u t i r S o
a l
O b y e k t i f
|
Jml. |
||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|||
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
|
2
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
|
3
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
|
4
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
|
5
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
2
|
|
6
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
3
|
|
7
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
3
|
|
8
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
4
|
|
Jml
|
2
|
2
|
1
|
1
|
0
|
4
|
1
|
0
|
2
|
2
|
15
|
|
Tabel
5
Perhitungan
Indeks Daya Pembeda (ID)
Butir-butir
Soal Obyektif
No
soal |
FH
|
FL
|
n
|
ID
|
Keterangan
|
1
|
8
|
2
|
8
|
0,75
|
Baik
|
2
|
3
|
2
|
8
|
0,12
|
Kurang
|
3
|
8
|
1
|
8
|
0,87
|
Baik
|
4
|
6
|
1
|
8
|
0,62
|
Baik
|
5
|
7
|
0
|
8
|
0,87
|
Baik
|
6
|
8
|
4
|
8
|
0,5
|
Kurang
|
7
|
7
|
1
|
8
|
0,75
|
Baik
|
8
|
5
|
0
|
8
|
0,62
|
Baik
|
9
|
2
|
2
|
8
|
0
|
tidak
ada diskriminasi
|
10
|
1
|
2
|
8
|
-0,12
|
negatif
|
Berdasarkan data-data pada tebel di atas, maka
dapat didiskripsikan sebagai berikut :
-
Butir-butir soal nomor 9 tidak memiliki tingkat
diskriminasi
-
Butir-butir soal nomor 2, 6 memiliki tingkat
diskriminasi kurang.
-
Butir-butir soal nomor 10 memiliki tingkat
diskriminasi negatif.
-
Sedangkan nomor butir soal 1, 3, 4, 5, 7, 8 memiliki tingkat diskriminasi baik.
Daftar
pustaka
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar
Evalusi Pendidikan. Jakarta:PT Bumi Aksara.
Djiwandono. Soenardi. 1996. Tes Bahasa Dalam
Pengajaran. Bandung:PT ITB.
trim ilmunya ..siiip .
BalasHapusalumni uin malang ya mbak?
BalasHapus